Selasa, 26 Januari 2010

BERCERITA TENTANG LORONKKOSONK

mau cerita apa juga bingung... nanti kalo cerita ini dikira sok-sok an, nanti cerita itu dibilang nggak tau malu... entah mereka mau bilang apa, yang penting aku senang dan akupun tenang...

nah gini ceritanya... kenapa ada sebuah nama "loronkkosonk" yang melekat dipikiran saya dan menjadi teman sejati saya...
semuanya berawal dari saat saya meluncurkan singgle album nama, dengan edisi pertama, saya mengalami masa-masa per-bingung-an dengan ke-kinian yang selalu ter-kini-kini. saya mencari dan menggali sebuah jati diri kepribadian saya sendiri.. mungkin aneh dan per-narsis-an bagi kalian.. tapi bagiku iya..

dengan otak kosonk yang ada dipikiran saya... kata mas kaka slank... "otak udang ngomongnya sembarangan" hehe, sok slanker...

"loronkkosonk" berasal dari bahasa indonesia yang awalnya dari kata lorong dan kosong yang telah di redesign menjadi nama tersebut...

"loronkkosonk" adalah sebuah nama dari cerminan pribadi saya sendiri, nama ini dibangun sejak tahun 2006. Nama "loronkkosonk" sebenarnya lahir pada saat saya duduk dibangku smk. waktu itu saya duduk disalah satu smk terkemuka dan heboh di kota semarang... (sok-sok gaya)... padahal sungguh berbabah...

"loronkkosonk" adalah metamorfosa dari sebuah nama besar yang sering saya ungkapkan dan sering saya dendangkan dari kelas 1 SMA... nama besar itu terlahir dari sebuah nama judul lagu yaitu : "loronk hitam" dan "tonk kosonk". Saya men-cuplik-nya dari salah satu album dari salah satu grup band musik favorit saya,, sebelum band-band kekinian muncul, band tersebut sudah sangat menghebohkan di indonesia, dari ujung sabang sampe merauke orang kenal dengan band itu, bahkan di dunia music luar negeripun banyak yang tahu, band itu adalah SLANK. Sebelumnya thx bwt mas Bim-Bim, loronk hitam dan tonk kosonk adalah judul lagu yang menurut saya sangat indah dan memiliki arti yang kuat... salut. .

sedikit dicuplik dari lirik slank, dan di-tampil-pun lirik lagu lorong hitam dan tong kosonk,

"Lorong Hitam"
Tatap matamu ingatkan aku pada bintang, Terang menyinari bumi di sudut malam
Lihat senyummu khayali aku akan sampah, Tumbuh dibenak hitamku akan arak
Benak hitamku melayang Menuju lorong hitam
(Benak kita melayang menuju lorong hitam)
Sentuh kulitmu ingatkan aku pada ruang,
Sesak menghimpit dadaku, Getaran rasa
Belai rambutmu khayali aku akan rimba
Lebat sesakkan langkahku
Ganas dan Liar !!
---------------------------------------------------------------------
Lagu & lirik : Bimbim & Kaka
Bekas gudang alat-alat di Potlot'92


"Tong Kosong"

"Sedikit ngerti ngaku udah paham, Kerja sedikit maunya kelihatan
Otak masih kaya 'TK, Koq ngakunya Sarjana
Ngomong-ngomongin orang Kaya udah jagoan...
Tonk kosong nyaring bunyinya, Klentang-klentong kosong banyak bicara
Oceh sana-sini ngak ada isi, Otak udang ngomongnya sembarang
Hak manusia ingin bicara, Hak manusia ingin bernyanyi
Kalau sumbang janganlah didengarkan, Kalau merdu ikutlah bernyanyi
Jangan ngelarang-larang, Jangan banyak komentar
Apalagi menghina. . .
Terserah mereka kalian atau saya, Asal nggak ngelanggar hukum biarkan saja
Tonk-tonk kosong mending pada diam, Biar dunia tentukan pilihan
Yang mana yang benar ....Yang mana yang baik ...Dari pada elo jadi ...."
---------------------------------------------------------------------
Lagu & Lirik : Bimbim & Kaka
Tahun'92
...... Tglnya lupa !

dan kemudian telah redesign itu muncul menjadi sebuah nama "loronkkosonk".
Kemudian hari saya beranjak dewasa, saya telah dinyatakan lulus di jurusan multimedia di SMK Negeri 11 Semarang atau sering disebut (SMK graphich art). Kemudian saya melakukan perantauan ke kota jogjakarta, yang sering dibilang kota pelajar, kota penuh seni dan budayanya... dan disitu juga saya terdampar di salah satu kampus di daerah yang gersang dan sepi... hehe, yaitu didaerah sewon... oh sungguh berbabah.... kemudian saya dinyatakan masuk dan diterima di INSTITUT SENI INDONESIA Yogyakarta... Setelah mengalami awal dari kebosanan, kemudian menuju keceriaan bersama teman-teman se angkatan 2007 yang kompaknya pake banget... disitulah saya mulai belajar tentang banyak bahasa-bahasa baru, gaya-gaya baru dan lain-lain yang serba baru...

loh kok gak nyambung....? hehehe

sebenarnya waktu itu saat teman-teman seangkatan saya membuat sebuah acara yaitu kumpul bareng di sebuah studio desain interior, kemudian para teman-teman sekalian merapatkan diri mereka... dan ternyata yang dirapatkan adalah bagaimana kalo kita beri nama angkatan kita...? hehehe... dan teman-teman pun teriak oks bgt bro, siap laksanakan, mari kita bikin...

Kemudian saya sempat berpikir sedikit sejenak untuk mengusulkan sebuah nama untuk teman-teman se-Angkatan saya. Yang saya pikirkan cuma satu,, bagaimana nama "loronkkosonk" bisa besar dan heboh... dan nama yang waktu itu lolos adalah 4 nama, termasuk nama "loronkkosonk". dan setelah melewati acungan jempol, telunjuk jari sampe acungan kepala ternyata nggak terpilih... oh sungguh nasibku merana, oh merana...

aq cm bilang, slak le arep gragikan lan nyegerake badan (dalam bahasa desa)... Kenapa nama tersebut ditolak atau mungkin tidak diterima oleh teman2 se angkatan. Tapi bagi saya itu hal yang wajar... malah saya jadi semakin berani menantang kedepan, kesamping kebawah ke atas dan kebelakang akhirnya saya mulai berpikir ternyata ada lantai, dinding dan plafon... karena kita berada di satu atap, jadi makan kenyang ngapain ribut... kemudian berpikir bagaimana nama ini bisa besar... ternyata dari situ saya berpikir akulah yang dipilih oleh nama itu, dan nama itu akan selalu kujaga dan kubela sepanjang masa...

yang hanya berawal dari sebuah nama kosonk yang mungkin orang lain bilang, ini gag ada artinya. . . . tapi menurut saya sebuah kekosonk-an itu sangat berarti sekali. . . . kosonk dianggap tidak berisi, tidak memiliki nilai apapun... kata siapa,,,? itu cuma khayalan saja cerita orang tua...

Kosonk bagi seseorang bisa dianggap tidak berisi oleh orang lain. Sebaliknya, isi bagi seseorang bisa dianggap kosonk oleh orang lain. hahaha...

Bagi semua orang yang tidak memberikan makna dan arti hidup ini ibarat lembaran kertas kosonk. katanya sih gitu. . .
"kosonk, bukan berarti tak ada arti" "kosonk bukan berarti tak ada makna"

2 komentar: