Rabu, 17 November 2010

TKMDII 9 "PSYCOLOGICAL DESAIN"

CHANGING HABIT
AT BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA

TKMDII [Temu Karya Mahasiswa Desain Interior se-Indonesia] yang hadir sebagai event nasional dua tahunan adalah sebuah lokus pembauran ide-ide kreatif untuk semakin memperkaya khazanah berkreativitas dalam bidang desain interior di Indonesia, Event ini pertama kali dirumuskan dan diselenggarakan di ISI Yogyakarta pada tahun 1987. TKMDII melibatkan seluruh mahasiswa desain interior se-Indonesia, dan menjadi motivasi awal dalam meningkatkan frekuensi kreativitas bersama. TKMDII sejauh ini telah memberikan kontribusi cukup berarti, ide-ide yang tertuang lewat karya telah saling memberikan sumbangsih pada nilai-nilai fungsional dan estetika.

Setelah penyelenggaraan TKMDII VIII di Bali bulan November tahun 2006, pada TKMDII IX ISI Yogyakarta kembali terpilih sebagai tuan rumah dengan mengusung tema “Psycological Design”. Sebagai ajang temu karya mahasiswa, wacana desain yang diusung tidak mungkin lepas dari perkembangan desain saat ini. Bagaimanapun suasana ilmiah yang kondusif diharapkan tertuang dalam karya maupun proses desain yang berlangsung dari awal hingga akhir,

* setelah melewati perjalanan yang panjang untuk mempersiapkan acara TKMDII, ternyata aku terkapar di dalam ruang kosonk, aku tidak berdaya, aku tidak mampu saat itu, banyak goresan yang ada ditubuhku, thx buat mbak izza (ketua TKMDII), teman2 publikasi yang ikut menggoreskan garis ditubuhku, kekuatan acara ada pada kalian,, dan akupun tenang, senang dan bangga tiba2 tanpa disadari dan nggak nyangka.. fotoku diatas ini terpampang di salah satu sampul katalog mini.. entah mereka bilang sampah atau kotoran yang ada di buku, yang penting aku merasa memiliki TKMDII. Jangan pernah bilang kalo hanya berakhir disampul majalah,, karena kamu belum pernah merasakannya.. hehe..

* saksi di dalam ruang loronkkosonk, ditemani dengan mbak ketua TKMDII 9 yang sedang melakukan pergerakan menuju hijau sebelum TKMDII 9 di kota Jogja.. ciyee.. ternyata per-susah-an, per-pusing-an, per-ribet-an, per-sakit-an, sariawan, mata berbandrol di saat-saat sebelum acara.. aku hanya bergedek-gedekan kepala ternyata membuat acara se Nasional ternyata susahnya bukan main rek..


* saksi di dalam ruang loronkkosonk, ternyata nggak cuma dikampus aja acara itu bisa berjalan mulus, ternyata di ruang loronkkosonk itu banyak tersimpan data-data penting.. bahkan lebih penting daripada data-data kampus.. haha.. telah dinobatkan dalam proses TKMDII sebagai media parter* setelah dilakukannya PRA-TKMDII 9 di Kaliurang Yogyakarta.. Proses menuju ke TKMDII 9


* setelah studi ekskursi di sono budoyo museum yogyakarta, akhirnya dikerjain juga buat menenteng-nenteng baliho buat foto.. haha maaph ya neng..! sekali-kali nggak kota-kota, haha thx buat mbak-mbak IKJ, ITB, ISI DENPASAR, ISI SURAKARTA, ITSN, PETRA, UPH, ITENAS, UNIKOM, UNIVERSITAS CIPUTRA, UNIVERSITAS TRISAKTI, UNTAR, MARANATHA dan kawan-kawan yang ikut menjunjung baliho ini setinggi dada kalian..

* setelah jalan-jalan ke studi ekskursi dan workshop di tempat pembuatan keramik, craft dan hiasan2 ruang di daerah kasongan Yogyakarta. Akhirnya aku ajak lagi ketempat2 penting, contohnya di gerbang ISI Jogja.. haha.. dikerjain buat foto-foto lagi di depan Baliho TKMDII 9.. hahay bangga deh,, Salah satu Baliho yg aku bikin dijadikan bacground buat foto-foto.. hehe.. padahal dikerjain.. thx kawan...


* akhirnya diakhiri dengan dansa-dansa, joged-joged bersama di panggung TKMDII.. akhirnya plonk juga mendengarkan irama musik berdendang di tengah keramaian kota jogja. walaupun sedikit turun hujan, tapi dansa pun dilanjutkan..

1 komentar: